Jenis Bunga yang Cocok Untuk Hand Bouquet

Hand bouquet memang identik dengan pesta pernikahan. Untuk kalangan kelas atas, hand bouquet dalam acara pernikahan adalah hal yang tidak bisa dilepaskan begitu saja. Sebab hand bouquet ini akan menemani sang pengantin perempuan di sepanjang pesta pernikahan. Oleh karena itulah, dalam pemilihannya harus benar-benar tepat dan sesuai tema pernikahan. Dari pertama ditemukan sampai sekarang, hand bouquet memang selalu mengalami perubahan. Istilah rangkaian bunga berbeda-beda. Untuk seikat bunga biasanya dijadikan hadiah populer selama era Victoria. Mempelai wanita memegang seikat bunga tangan kecil saat upacara pernikahan. Selain dipakai untuk acara pernikahan, buket bunga juga populer untuk hadiah dan simbol kasih sayang.

11 Bunga Terbaik Untuk Dibuat Hand Bouquet

Sebenarnya jenis bunga apa saja bisa dipakai untuk membuat buket bunga. Namun beberapa orang menginginkan jenis bunga tertentu untuk dibuat menjadi buket bunga dan hal tersebut tidak masalah. Nah berikut ini beberapa jenis bunga yang cocok digunakan membuat buket bunga.

  1. Mawar

Siapa yang tidak mengenal jenis bunga yang satu ini? Bunga mawar sering dipakai untuk membuat buket bunga. Perlu diketahui dengan baik bahwa bunga mawar memiliki banyak jenisnya. Baik dari segi warna dan bentuknya. Untuk bunga mawar sendiri ada banyak warnanya. Mulai dari merah, putih, hitam, kuning, orange, dan warna lainnya. Bunga mawar sendiri pun menjadi salah satu bunga paling populer di dunia. Secara umum, bunga mawar disebut sebagai bunga kasih sayang. Banyak acara pernikahan menggunakan bunga mawar untuk dijadikan buket bunga.

  1. Lily

Adalah jenis bunga yang mudah ditemukan di Indonesia. Bunga lily identik yang identik dengan warna putih ini bukan dari Indonesia. Bunga lili ini merupakan jenis bunga dari kawasan Mediterania dan Asia barat. Namun kini sudah menyebar di seluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia. Kelopak dari bunga ini sangat cantik dan anggun. Sama halnya dengan bunga mawar, bunga lily pun juga mempunyai banyak jenis dan warna. Mulai dari lili liana, lili liani, lili renita, lili arumsari, dan masih banyak lainnya. Buket bunga yang banyak digunakan adalah dari bunga lili Liliana yang warnanya putih. Setiap bunga lili memiliki makna tersendiri, misalnya lili putih yang artinya ketulusan dan kesucian. Sedangkan untuk bunga lili warna kuning bermakna persahabatan.

  1. Gerbera

Sering disebut dengan bunga daisy, biasanya dijadikan untuk dekorasi terbaik di acara pernikahan. Selain dipakai untuk dekorasi, bunga ini pun juga banyak dijadikan bahan untuk buket bunga. Bukan hanya karena bunga gerbera memiliki warna indah dan bentuknya menggemaskan. Akan tetapi bunga daisy ini memang memiliki banyak variasi warna. Yang mana membuat banyak florist bisa berkreasi dan mengombinasikan beberapa warna dalam satu buket bunga.

  1. Daffodil

Memiliki lambang kegembiraan, optimisme dan harapan membuat bunga ini banyak dijadikan buket untuk diberikan pada saat merayakan kelahiran anak. Atau untuk merayakan karena mendapatkan pekerjaan baru. Warna kuning dan putih dari bunga daffodil ini banyak disukai serta menjadi keunikan tersendiri. Jadi tidak heran jika banyak florist yang membuat bunga ini menjadi hand bouquet. Tetapi sayangnya bunga ini sulit dibudidayakan di Indonesia. Jadi wajar jika bunga daffodil di florist adalah bunga impor. Juga tidak heran jika harganya menjadi mahal.

  1. Carnation

Untuk bunga ini lebih banyak dikenal sebagai bunga anyelir, dimana mempunyai banyak simbol dan arti. Carnation berasal dari kata corone, artinya bunga kalung atau karangan bunga. Dalam bahasa Latin disebut carnis, artinya daging, karena warna aslinya merah muda. Jenis bunga ini kerap dikaitkan dengan perempuan dan hari Ibu. Banyak orang yang percaya, jika bunga carnation atau anyelir ini berasal dari air mata Bunnda Maria. Simbol dari bunga ini adalah cinta kasih sayang seorang Ibu. Jadi tidak mengherankan jika buket bunga anyelir banyak dibagikan saat hari Ibu.

  1. Matahari

Apa Anda ingat Hamtaro yang suka dengan biji bunga matahari? Jika iya, sepertinya kita satu line. Bunga matahari sendiri mempunyai warna mencolok dan memancarkan kekaguman, serta melambangkan keceriaan. Buket bunga matahari bisa diberikan kepada orang yang dikagumi. Untuk bunga matahari ini sendiri bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia. Sebab budidaya yang memang mudah. Bunga matahari ini ukurannya besar, jadi hanya membutuhkan beberapa tangkai saja.

  1. Gardenia

Bunga populer lain yang bisa digunakan untuk pembuatan hand bouquet adalah gardenia. Bunga gardenia memiliki nama lain, yakni bunga kaca piring. Untuk bunga gardenia ini masih satu keluarga dengan tanaman kopi. Asal dari bunga gardenia adalah Afrika, Asia, Hawaii, dan kepulauan Pasifik Australia. Jenis bunga ini mempunyai ciri khas aroma wangi, sedangkan untuk warnanya putih bersih. Membuat bunga gardenia ini cocok digunakan untuk pembuatan hand bouquet populer. Warna putih dari bunga ini melambangkan kemurnian dan kesucian. Jadi cocok diberikan sebagai hadiah kepada orang yang disayangi.

  1. Anggrek

Merupakan salah satu bunga yang memiliki tampilan anggun dan kekuatan murni. Selain itu bunga anggrek mempunyai banyak warna dan jenis. Banyak pecinta tanaman hias rela merogoh kocek tidak sedikit demi bisa mendapatkan bunga anggrek yang disukai. Hal ini tidak lain memang bunga anggrek memiliki keunikan dan keindahan yang membuat banyak orang betah untuk melihatnya. Bunga anggrek pun sering dipakai untuk membuat buket bunga. Akan tetapi dari segi harga tentu lebih mahal dibandingkan dengan bunga jenis lainnya.

  1. Tulip

Salah satu kelebihan dari bunga tulip yang dijadikan hand bouquet adalah karena daya tahannya lebih lama. Bahkan bunga tulip bisa tahan 10 hari setelah dipetik. Sebagian besar orang menganggap jika bunga tulip ini berasal dari Belanda. Padahal nyatanya, bunga ini berasal dari Asia Tengah. Bunga tulip ini pun mudah dibudidayakan di Indonesia, jadi bukan hal sulit untuk menemukannya. Banyak florist menggunakan bunga tulip untuk dijadikan karangan bunga dan hand bouquet.

  1. Hydrangea

Sebenarnya, bunga hydrangea ini masuk kategori tanaman semak yang memiliki tinggi sekitar 1 – 3 meter. Meskipun begitu, bunga ini mempunyai bentuk cantik dan unik. Selain dari segi bentuk yang bagus dan unik, bunga hydrangea ini mempunyai banyak warna. Seperti warna putih, kuning, biru terang, pink dan ungu. Ketika dijadikan hand bouquet, bunga ini akan semakin menarik dan cantik. Tidak mengherankan jika bunga ini banyak dijadikan bunga buket terbaik dan digunakan untuk kado.

  1. Krisan

Pastinya kita sering menjumpai bunga krisan atau bunga seruni di tangan pengantin wanita. Baik di acara pernikahan luar negeri atau dalam negeri. Dari segi harga memang terjangkau dan mudah didapatkan di Indonesia. Di budaya China bunga ini berlambang pemersatu dari kedua jiwa yang saling mencintai.

Nah itulah beberapa jenis bunga yang banyak digunakan untuk membuat hand bouquet. Selain jenis bunga diatas, sebenarnya masih ada banyak bunga lain yang biasa dipakai untuk membuat hand bouquet. Pemakaian hand bouquet pun tidak hanya dipakai untuk acara pernikahan, namun juga bisa dipakai sebagai hadiah.

Konsultasikan keinginan Anda

Chat dengan kami melalui WhatsApp